Senin, 15 Oktober 2012

Pengenalan hardware(perangkat keras) komputer



Assalamuallaikum Wr Wb............................................................................
kali ini saya akan membahas mengenai perangkat - perangkat Hardware (Perangkat Keras) yang ada di komputer Anda atau Laptop Anda, untuk itu mari kita lihat beberapa penjelasan dari Hardware tersebut dibawah ini :

A. Perangkat keras pada chassis

1. Central Processing Unit atau biasa di singkat CPU


CPU Merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. karena merupakan otak dari komputer. CPU sering di sebut juga dengan Microprocessor atau processor yang disebut pengolahan data dan pengontrolankerja komputer. karena kinerja komputer tergantung dari kinerja processornya.


2. Memory

Memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah proses oleh processor. Informasi tersebut dapat berupa perintah atau data.




Memory terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu Memory Internal dan Memory Externalyang disebut dengan ROOM (Read Only Memory).




A. RAM (Random Access Memory)










RAM adalah memory yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah atau data pada saat sebua program dijalankan. perintah tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk







B. ROM (Read Only Memory)










ROM digunakan untuk menyimpan perintah data secara tetap. sesuai namanya, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat pada ROM, misalnya saja perintah yang dijalankan saat pertama kali komputer dihidupkan. perintah tersebut diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer tersebut dibuat.




3. Motherboard



Motherboard atau sering disebut dengan Mainboard merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan perangkat-perangkat lain, seperti Memory,Processor,VGA Card,Sound Card,LAN Card dan lain-lain.




Selain dilengkapi dengan slot-slot, motherboard juga dilengkapi dengan jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat tersebut berkomunikasi setu sama lainnya.

















































4. Harddisk















Hardisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas yang paling besar. harddisk digunakan dengan tujuan sebagai tempat penyimpanan data yang digunakan komputer



































































5. VGA Card




VGA Card adalah perangkat komputer yang berfungsi mengubah ssinyal digital menjadi sinyal gambar. CGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar.




6. Sound Card




Sound card adalah perangkat komputer yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound Cardmemungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk suara pada speaker.

B. Perangkat Input




Perangkat input adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses. perangkat input yang biasa di gunakan dalam komputer diantaranya adalah Keyboard, Mouse, Printer Dan lain-lain




C. Perangkat Output







Perangkat Output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan perintah dan data yang telah diproses. perangkat input yang biasa digunakan dalam komputer diantaranya adalah Monitor, Printer, Speaker dan lain-lain

D. Perangkat Jaringan dan Internet







1. Modem







Modem singkatan dari Modulasi-Demodulator. Modem Berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah kembali sinyal analog (sinyal suara menjadi sinyal digital.




2. Kartu Jaringan (LAN Card)







Kartu jaringan dipasang dikomputer kita ingin terhubung dengan komputer yang lain dalam sebuah jaringan lokal.

Ditulis Oleh : One_Skill For All // 06.49
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar